News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hari Peduli Sampah , Pantai Cemare Di Penuhi Sampah Kiriman, Ini Tindakan DISPAR LOBAR

Hari Peduli Sampah , Pantai Cemare Di Penuhi Sampah Kiriman, Ini Tindakan DISPAR LOBAR

 

Menyambut Hari Bersih Indonesia (Hari Peduli Sampah Nasional) ratusan warga bersama beberapa stakeholder mengikuti kegiatan bersih-bersih 


LOMBOK BARAT , - Menyambut Hari Bersih Indonesia (Hari Peduli Sampah Nasional) ratusan warga bersama beberapa stakeholder mengikuti kegiatan bersih-bersih di lingkungan terdekatnya.

Pada kegiatan bersih ini, Pemerintah Provinsi NTB mengadakan program bersih-bersih di daerah wisata. Ada sekitar 50 desa wisata di NTB yang mengadakan kegiatan serupa.

Di Lombok Barat sendiri ada empat desa yang ikut program bersih sampah di Indonesia yang dilaksanakan pada hari ini. Hal itu disampaikan Erwin Rachman, Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Ekraf Pariwisata Dinas Pariwisata Lombok Barat usai kegiatan di Pantai Cemare, Desa Lembar Selatan.

“Di Lombok Barat sendiri ada tiga lokasi yaitu di Desa Sekotong Selatan tepatnya di Dermaga Tawun, kemudian di Sekotong Tengah berlokasi di Mangrove Tanjung Batu, dan di Desa Lembar Selatan di wilayah Pantai Cemare, dan ada satu desa juga yang ikut serta yaitu Desa Gili Gede indah,” terang Erwin, Sabtu (21/2).

Kepala Desa Lembar Selatan H. Beny Basuki mengatakan, dalam beberapa bulan terakhir ini sampah yang ada di Pantai Cemare lebih banyak berasal dari sampah kiriman. Apalagi dengan intensitas curah hujan yang masih cukup tinggi saat ini mengakibatkan banjir di wilayah sekitar.

“Akibatnya kawasan pantai cemare akan penuh dengan sampah-sampah kiriman seperti kayu, dedaunan, dan sampah plastik. Justru sampah yang dari pengunjung tidak terlalu banyak,” ujar Beny.

Di kawasan Pantai Cemare sendiri ada ratusan warga ikut ambil bagian dalam kegiatan bersih-bersih kali ini, mulai dari jajaran Dinas Pariwisata Lombok Barat, perangkat desa, Lembaga Desa/BPBD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pokdarwis, tokoh masyarakat, pelaku usaha wisata, mahasiswa, pedagang, dan masyarakat setempat.

Beny berharap agar para pengunjung agar menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan oleh pengelola.

“Kalau bisa supaya kita juga bisa ikut dibantu dalam kegiatan bersih-bersih pantai demi kenyamanan kita semua. Kebetulan kita juga sudah mendapatkan bantuan berupa sarana dan prasarana kebersihan dari Dinas Pariwisata Lombok Barat dan itu sangat membantu kami  untuk menjaga kebersihan di kawasan ini,” ungkapnya.(gl 02).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar