News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Walaupun Masih Pendemi Covid 19, Ini Upaya Dinas Pariwisata Lombok Barat

Walaupun Masih Pendemi Covid 19, Ini Upaya Dinas Pariwisata Lombok Barat

Pameran fotografi
Lomba Phonegraphy dengan tema Harmoni Lombok Barat

LOMBOK BARAT , - Meskipun masih pandemic, namun upaya untuk membangkitkan pariwisata terus dilakukan Dinas Pariwisata Lombok Barat. Salah satunya dengan mengadakan lomba fotografi menggunakan smartphone atau biasa disebut phonegraphy.

Lomba Phonegraphy dengan tema Harmoni Lombok Barat ini sudah berlangsung sejak awal Maret lalu. Puncaknya digelar di Narmada Botanic Garden, Sabtu (27/3) kemarin. Selain penyerahan hadiah lomba, puncak acara juga diramaikan dengan pameran foto oleh komunitas Lombok Phonegraphy.

Kegiatan yang semula akan digelar bersamaan dengan pembukaan Event Harmoni Lombok Barat di Taman Narmada ini terpaksa dialihkan lantaran beberapa faktor non teknis. Namun, keadaan tersebut tidak mengurangi keseruan penutupan lomba.

Keseruan terlihat dari banyaknya peserta pameran. Suasana dan keindahan venue pameran di Narmada Botanic Garden menambah kesan tersendiri dalam pameran yang sedikitnya menampilkan 200 foto dalam pameran itu. Selain foto karya nominator lomba phonegraphy, pameran juga diisi oleh karya anggota komunitas Lombok Phonegraphy.

Untuk menambah keseruan, panitia kemudian menyelenggarakan sebuah tantangan foto model yang diikuti oleh seluruh peserta pameran dan pengunjung Narmada Botanic Garden. Panitia menyediakan hadiah tambah uang tunai Rp. 500 ribu dalam tantangan ini. Sontak para pengunjung menyambut atusias tantangan tersebut.

Dalam tantangan ini para peserta diberi waktu 10 menit untuk menghasilkan karya terbaiknya. Untuk mencegah terjadinya kerumunan, para peserta kemudian dibagi dalam tiga kelompok.

“Terima kasih pada teman-teman komunitas phonegraphy. Terus kreatif, terus berkarya, karena karya anda sangat berpengaruh terhadap promosi dan pemasaran destinasi-destinasi dan kekayaan atraksi kita di Kabupaten Lombok Barat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, Saepul Akhkam.

Ke depan lanjutnya, kegiatan semacam ini menjadi cara untuk mengkreasikan, dan menjadikontribusi mewujudkan bagaimana kepariwisataan di masa-masa yang akan datang. Fotografi sendiri menjadi salah satu sarana promosi pariwisata daerah yang efektif sekaligus menjadi langkah menggali potensi daerah.

Rencananya, pihaknya juga  akan mendesain lomba fotografi dan film pendek yang akan memparadekan, memfestivalkan dan melombakan karya-karya kreatif tentang keindahan destinasi dan atraksi budaya yang dimiliki oleh Lombok Barat.

“Kita ingin tunjukkan bahwa Lombok Barat indah, Lombok Barat Penuh dengan kebaikan, Lombok Barat penuh dengan keindahan, dan Lombok Barat penuh dengan keramahan. Itu pesan yang ingin kita sampaikan kepada seluruh khalayak yang ada di dunia global yang tergambar melalui media sosial,” tegasnya.

“Catatan lain, yaitu bagaimana kita menskenariokan semua kegiatan dengan melakukan pendekatan baru yakni dengan mengedepankan protokol kesehatan,” lanjutnya menambahkan.

Di tempat yang sama, Adi Teci Ketua Lombok Phonegraphy sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap kolaborasi dan sinergi antara komunitas kreatif dan pemerintah daerah terus terjalin dengan baik.

“Alhamdulillah ini merupakan satu bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Lombok Barat khususnya Dinas Pariwisata Lombok Barat sudah dan mau melibatkan stakeholder yang ada di masyarakat untuk bekerjasama membangun dan mengembangkan pariwisata yang ada di Lombok Barat. Kedepannya kami dari komunitas Lombok Phonegraphy siap selalu bersinergi dengan Dinas Pariwisata Lombok Barat untuk mengembangkan dan memperkenalkan pariwisata Lombok Barat,” kata pria yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan ini.

Kegiatan kemudian ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba. Juara I kategori destinasi wisata, Amirudin menyambut baik kegiatan semacam ini. Terlebih lagi selama ini porsi lomba foto menggunakan smartphone masih jarang diselenggarakan.

“Alhamdulillah saya bersyukur sekali dengan adanya Lomba Phonegraphy ini, karena selama ini fotografi menggunakan HP untuk mengadakan lomba biasanya agak jarang. Jadi saya bersama teman-teman merasa bersyukur karena kami tidak merasa sia-sia pergi ambil foto jauh-jauh. Dengan adanya lomba ini kita bisa memperkenalkan destinasi-destinasi wisata di Lombok Barat yang bagus, dan cocok untuk keluarga dan lain sebagainya,” ungkap Amirudin.(gl 02).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar