News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SMAN 1 Gerung Wakili Lobar Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi

SMAN 1 Gerung Wakili Lobar Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi

Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid saat menghadiri lomba perpustakaan tingkat provinsi NTB di SMA 1 Gerung


LOMBOK BARAT,  - SMA Negeri 1 Gerung mewakili Lombok Barat (Lobar) pada Lomba Perpustakaan tingkat Provinsi NTB setelah sekolah ini berhasil memperoleh juara satu Lomba Perpustakaan tingkat Kabupaten Lobar. 

Lomba perpustakaan tingkat NTB ini  digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi NTB setelah berkoordinasi dengan kabupaten/kota di NTB. Lomba ini juga diharapkan sebagai stimulus dan dapat mendorong dan menaikkan Indeks Minat Baca di Desa, sekolah SMA dan SMK. 

"Selama ini Provinsi NTB masih di  urutan 25 dari 34 Provinsi di Indonesia," kata Dr.Julimansyah, Ketua Tim Juri Lomba Perpustakaan.

Hj. Erni Zuhara, Kepala SMAN telah menyiapkan berbagai hal menghadapi lomba misalnya akreditasi perpustakaan, dan sebenarnya belum siap. 

"Namun ternyata dari instrumen yang ada malah lebih kompleks pada lomba perpustakaan. Dan alhamdulillah kita mengikuti mewakili Lombok Barat dan sekarang masih dalam proses penilaian," katanya di SMAN 1 Gerung, (24/5).

Dikatakan Hj.Erni yang adalah istri dari Asisten III Setda Lobar H.Ilham ini, jumlah anggota  perpustakaan SMAN 1 Gerung sebanyak 1.065 orang. Jumlah buku 1080 judul dengan 27.110 exsemplar baik fiksi maupun non fiksi termasuk buku digital.

Selanjutnya, ke depan pihaknya akan melakukan kerja sama dengan pihak Dinas Perpustakaan untuk  memperoleh link buku-buku digital supaya perpustakaan sekolah dapat ngelink ke perpustakaan daerah termasuk ke Perpustakaan Provinsi NTB.

"Kedepan koleksi perpustakaan makin banyak hingga lebih menarik, dan lebih banyak gawe menggunakan aplikasi perpustakaan untuk dapat diakses dimana pun mereka," ujarnya.

Sementara itu Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid dalam sambutannya berharap melalui lomba perpustakaan diharapkan menjadi semangat dan motivasi untuk literalisasi yang semakin tinggi.

"Mari kita budayakan membaca mengembalikan literasi mulai dari keluarga,"ajak Fauzan.

Selain itu, ia juga menginginkan tidak hanya sekolah dan ruangan saja ada perpustakaan namun diharapkannya di setiap ruang terbuka ada perpustakaan minimal untuk memotivasi.

Termasuk, sebutnya  tindak lanjut dari Lomba perpustakaan yakni membudayakan literalisasi di Kabupaten Lombok Barat.

Hadir pada acara Penilaian Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Lobar Abdul Manan, Asisten III H.Ilham, Komite Sekolah H. Suhaily dan para guru SMAN 1 Gerung. (Gl 02)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar